Aku Tak Tahu Politik itu Apa?

Tahun Politik, katanya...
Semua orang berbicara tentang kekuasaan, kebenaran, dan pencitraan
Siapa pasangan yang akan menang?
Atau siapa pasangan yang akan kalah?
Hanya untuk masa depan Indonesia

Aku tak tahu apakah politik dari dulu itu memang lahan yang kotor
ataukah memang dikotorkan oleh orang-orang yang kotor
Aku tak tahu apakah politik itu hanya tentang pencitraan untuk sebuah kekuasaan
ataukah memang tempat yang sangat cocok untuk merubah Indonesia ke arah yang lebih baik
Aku tak tahu apakah politik itu tempat pencurian uang yang paling besar
ataukah memang tempat orang-orang pintar yang bekerja keras untuk Indonesia
Aku tak tahu apakah politik itu hanya tempat pengumbaran janji-janji manis dari sang politisi
ataukah politik itu memang tempat yang cocok untuk mensejahterakan rakyat
Aku tak tahu apakah politik itu adalah tempat untuk saling dzalim dan mendzalimi
ataukah tempat untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebenaran

Aku tak tahu politik itu apa....
Yang aku tahu hanya tentang kehidupan Ibnu Khaldun
Yang dianggap sebagai Machiavelli versi Islam
Ia ternyata sering lelah dan tak kuat hidup di dalam politik
Namun baginya politik adalah kehidupannya
Dan politik telah membesarkan nama dan pemikirannya
Hingga karya-karyanya

HiRa,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aku Tak Tahu Politik itu Apa?"

Post a Comment